5 Cara Mengatasi Sakit Leher Akibat Salah Bantal yang Mengganggu Aktivitas

Ada dua cara mengatasi salah bantal menggunakan kompres, yakni dengan es batu ataupun air hangat. Mengompres leher dipercaya menjadi cara mengatasi salah bantal yang ampuh.

Jika ingin mengompres leher dengan es batu, bungkuslah beberapa butir es batu dengan kain atau handuk bersih. Kemudian kompreskan di bagian leher yang sakit atau kaku.

Kalau kamu memilih kompres hangat, basahi kain bersih dengan air hangat, peras kainnya, lalu tempelkan di bagian leher yang sakit. Kompreslah leher selama 20 menit hingga rasa sakit di leher mulai mereda.

Namun jangan kompres leher sambil tidur ya. Kompres yang menempel dalam waktu lama bisa menimbulkan kerusakan pada kulit leher.

2. Minum Obat Antinyeri

Konsumsi obat penghilang rasa sakit bisa meredakan rasa nyeri pada leher yang kamu rasakan. Obat acetaminophen, atau obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen, naproxen, hingga aspirin bisa menjadi pilihan.

Namun sebelum mengonsumsi berbagai obat tersebut, lebih baik konsultasikan kepada dokter atau apoteker di apotek tempat kamu membeli obat tersebut agar mengetahui cara pemakaian dan dosis tepatnya.

3. Stretching

Menggerakkan kepala ke kiri dan kanan, menjadi salah satu gerakan fisik yang sangat dianjurkan. Pastikan kamu sudah melakukan cara mengatasi salah bantal pertama (kompres atau mandi dengan air hangat) sebelum meregangkan badan.

Dalam kondisi salah bantal, ada baiknya melakukan gerakan secara pelan dan tidak tiba-tiba. Jika dilakukan secara tiba-tiba, nyeri leher bisa semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *