Corn Silk Tea, Inovasi Teh dari Rambut Jagung

Pernahkah kamu mendengar corn silk tea? Salah satu varian minuman herbal ini merupakan inovasi olahan dari rambut jagung yang kian populer dan mulai banyak diminati masyarakat. Penasaran tentang minuman ini? Yuk, simak penjelasannya, Sahabat Sehat!

Mengenal Lebih Jauh Corn Silk Tea

Teh rambut jagung ini merupakan salah satu jenis teh yang diolah dari jagung, selain teh dari biji jagung. Minuman herbal ini merupakan minuman khas Korea yang umum dinikmati sehari-hari. Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh Nutrition Research and Practice pada tahun 2014, teh ini dikonsumsi layaknya air minum biasa di Korea.

inovasi teh rambut jagung
Foto; Freepik.com

Manfaat Corn Silk Tea

Rambut jagung yang biasanya tidak terpakai, ternyata dapat diolah menjadi teh herbal yang menyehatkan. Rambut jagung kaya akan karbohidrat, protein, dan serat kasar. Selebihnya, di dalamnya juga terkandung flavonoid, polifenol, dan vitamin C sebagai zat antioksidan. Kandungan berbagai zat gizi tersebut membuat minuman ini bermanfaat sebagai terapi alami dan pencegahan berbagai keluhan kesehatan.

Berkhasiat sebagai Diuretik

Manfaat utama dari corn silk tea adalah berfungsi sebagai diuretik alami. Khasiatnya adalah membantu membuang kelebihan cairan dari dalam tubuh, sehingga mengurangi komplikasi berkaitan dengan retensi air. Pemakaian diuretik membantu mengusir beberapa risiko kesehatan, misalnya penyakit ginjal dalam jangka panjang.

Mengontrol Gula Darah

Teh rambut jagung ini bermanfaat menurunkan gula darah dan membantu mengatasi gejala diabetes. Antioksidan yang terkandung dalam rambut jagung membantu mencegah penyakit ginjal diabetik. Oleh karena itu, corn silk tea dianjurkan untuk menurunkan kadar gula darah yang semula tinggi menjadi stabil.

manfaat kesehatan corn silk tea
Foto; Pexels.com

Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat berisiko pada kesehatan jantung yang juga memicu stroke. Sahabat Sehat dapat mengonsumsi teh rambut jagung yang membantu mengurangi kelebihan cairan tubuh yang secara ngga langsung juga akan menurunkan risiko hipertensi. Tekanan darah yang stabil ini harus dipertahankan agar mencegah risiko kesehatan lainnya.

Antiinflamasi

Inflamasi atau peradangan merupakan bagian respons alami dari kekebalan tubuh. Ekstrak corn silk mampu mengurangi peradangan tersebut dengan menekan aktivitas senyawa penyebab inflamasi. Kandungan magnesium dalam serat rambut jagung ini membantu mengatur respons tubuh ketika terjadi peradangan.

Mengatasi Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Rambut jagung juga bermanfaat mengatasi infeksi saluran kemih (ISK). Peran pentingnya adalah melapisi lapisan saluran kemih dan menghentikan iritasi lebih lanjut. Mengonsumsi teh rambut jagung ini membantu menenangkan peradangan kandung kemih dan salurannya. Minuman herbal ini dapat merangsang buang air kecil, sehingga mengurangi risiko penumpukan bakteri di saluran kemih.

Mencegah Batu Ginjal

Terbentuknya batu ginjal dapat mengakibatkan rasa sakit dan memicu gangguan kesehatan lainnya. Kondisi ini bisa dicegah dengan mengonsumsi teh herbal dari rambut jagung, karena akan meningkatkan aliran urine. Dengan begitu, kemungkinan terjadinya pembentukan sedimen pada ginjal yang akhirnya membentuk batu ginjal dapat dihindari.

Berbagai khasiat corn silk tea tersebut mudah diperoleh karena sudah tersedia teh celup kemasan yang siap diseduh. Meskipun banyak sekali manfaat yang diperoleh, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter bila Sahabat Sehat sedang menggunakan obat tertentu sebelum mengonsumsi teh ini.

Selain itu, ada risiko alergi yang ditimbulkan dari sari pati jagung. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi teh ini kalau Sahabat Sehat punya riwayat alergi jagung atau  mengalami reaksi alergi setelah meminumnya. Bagi yang sedang mengonsumsi suplemen kalium juga lebih baik menghindari karena minuman ini bisa meningkatkan ekskresi kalium.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Yuan Adelintang Kurniadita

Saya adalah mahasiswi Magister Sains Manajemen, UGM, dan sudah berpengalaman sebagai content writer freelance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *