Injera, Roti Gluten Free Asal Ehiophia

Saat ini produk gluten free sedang banyak dicari karena manfaatnya untuk mempercepat percernaan dan baik untuk kesehatan. Banyak produk yang dimodifikasi untuk menjadi produk gluten free, seperti kue, cookies, roti, mie dan lain sebagainya. Salah satu jenis produk gluten free adalah roti injera. Sahabat Sehat mungkin masih cukup asing dengan roti yang berasal dari Ethiopia ini.

roti injera
Foto: Flickr.com

Roti Injera

Roti injera adalah roti yang terbuat dari tepung serealia dengan adonannya yang difermentasi. Teff yang merupakan tanaman biji-bijian menjadi bahan utama roti injera. Sekilas roti ini terlihat mirip dengan martabak kalau di Indonesia atau seperti pancake karena bentuknya yang tipis.

Roti injera kaya akan karbohidrat, dinegara asal roti ini dijadikan sebagai pemenuhan gizi untuk masyarakat karena adanya kekurangan gizi yang kronis. Roti injera terbuat dari 100% tepung serealia atau biji-bijian, air dan dilakukan proses fermentasi.

Kandungan Gizi Roti Injera

Kandungan pada roti injera per 100 gram adalah energi 88 kcal, protein 3,48 gram, karbohidrat 18, 31, total lemak 0,83 gram, total serat 2,7 gram. Adapun kandungan mineral antara lain kalsium 13 mg, zat besi 1,03 mg, magnesium 64 mg, fosfor 89 mg, potasium 152 mg, sodium 229 mg, selenium 1,5 mg. Kandungan vitaminnya antara lain thiamin 0,174 mg, riboflavin 0,074 mg, niacin 1,711 mg, vitamin E 0,08 mg.

tepung teff
Foto: Freepik.com

Tepung Teff sebagai Bahan Utama

Teff [Eragrostis tef (Zuccagni) Trotter], adalah tanaman pangan yang berasal dari Ethiopia dan Eritrea, Afrika. Tanaman teff ini sejenis gandum namun berbeda. Tepung teff biasa diolah sebagai bahan tambahan untuk pengental sup atau saus, difermentasi untuk membuat bir atau minuman etnik lainnya, bisa dibuat bubur, puding dan tentu sebagai bahan utama pembuatan roti injera.

Kadar mineral dalam tepung teff sekitar 2,45% dan lebih tinggi dibandingkan tepung terigu, akan tetapi kadar proteinnya lebih rendah dibanding tepung terigu yaitu sekitar 10,4%. Tepung ini juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan usus.

Cara Membuat Roti Injera

Nah, pertama-tama kamu perlu membuat adonan dengan mencampurkan bahan-bahannya, yaitu tepung reff, garam, dan air hangat. Setelah itu lakukan fermentasi semalaman, dengan wadah tertutup kain atau tisu dan simpan disini ruang. Setelah difermentasi adonan diaduk untuk memastikan telah tercampur rata.

Setelahnya, lakukan fermentasi kembali selama 3-4 hari, sampai adonan berbuih dan menghasilkan bau asam. Nah, adonan ini sudah siap untuk di masak, caranya sama seperti memasak pancake. Bila ngga ada tepung reff, kamu bisa menggantinya dengan tepung sorgum atau tepung serealia yang lain.

Sahabat Sehat, roti injera ini dijadikan makanan pokok di Ethiopia. Kamu juga bisa mengganti nasi dengan roti ini sebagai sumber karbohidrat. Di tempat asalnya, biasanya roti injera dihidangkan bersama dengan saus, kacang lentil, collard greens, atau nubs of meat.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Adams, A. Cara Membuat Injera (Roti Datar Etnis Ethiopia). https://id.hiloved.com/cara-membuat-injera-roti-datar-etnis-ethiopia/. Diakses 31 Maret 2023.

Do Nascimento, K. D. O., Paes, S. D. N. D., de Oliveira, I. R., Reis, I. P., & Augusta, I. M. (2018). Teff: suitability for different food applications and as a raw material of gluten-free, a literature review. http://www.sciepub.com/JFNR/abstract/8634. Diakses 28 Maret 2023.

Kasahun, C. (2021). Nutritional Composition and Sensory Quality Evaluation of Injera Prepared from Supplementation of Bread Wheat and Tef Flours. https://www.sciencepublishinggroup.com/journal/paperinfo?journalid=540&doi=10.11648/j.wjfst.20210503.12. Diakses 29 Maret 2023.

Neela, S., & Fanta, S. W. (2020). Injera (An ethnic, traditional staple food of Ethiopia): A review on traditional practice to scientific developments. https://journalofethnicfoods.biomedcentral.com/articles/10.1186/s42779-020-00069-x. Diakses 28 Maret 2023.

Yegrem, L., Abera, S., & Temesgen, M. (2021). Nutritional composition and sensory quality of injera prepared from tef (Eragrostis tef (Zucc.) Trotter) complemented with lupine (Lupinus spp.). https://www.researchgate.net/publication/348763803_Nutritional_composition_and_sensory_quality_of_injera_prepared_from_tef_Eragrostis_tef_Zucc_Trotter_complemented_with_lupine_Lupinus_spp. Diakses 29 Maret 2023.

About the Author

Neta Mustikasari

Mahasiswa ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Garut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *