Intip Kelebihan Teknologi Robotik untuk Pengobatan Kanker Prostat

Pusat Layanan Prostat Terpadu (Prostate Center) dengan keunggulan Sistem Satu Pintu dan Teknologi Robotik Pertama di Indonesia. Pusat Layanan ini didukung oleh tenaga SDM yang kompeten serta teknologi terkini sehingga dapat memberikan layanan kesehatan paripurna dan bermutu.

Dengan sistem satu pintu, layanan dapat diberikan kepada pasien secara cepat dan tepat, mulai dari pemeriksaan awal sampai dengan diagnosa ditegakan. Pasien diharuskan untuk melakukan perjanjian konsultasi sehingga layanan diharapkan dapat dilaksanakan dalam satu hari atau pasien tidak perlu datang berulang-ulang.

Biopsi Prostat dengan teknologi robotik meningkatkan ketepatan pengambilan sampel di lokasi tempat sel kanker prostat berada. Dengan adanya teknologi ini, waktu pelaksanaan biopsi dapat dilakukan lebih singkat.

Layanan unggulan Prostate Center, dr. Chaidir Arif Mochtar, Sp.U (K), Ph.D, staf medik Departemen Urologi RSCM – FKUI mengatakan penggunaan teknik minimal invasif yakni laparoskopi yang dikombinasikan dengan visualisasi 3D dalam tatalaksana kanker prostat.

Pengaplikasian teknik laparoskopi dalam penatalaksanaan kanker prostat telah terbukti memberikan efek komplikasi yang lebih ringan jika dibandingkan dengan operasi terbuka pengangkatan prostat. Tak hanya itu durasi rawat yang lebih singkat, jumlah pendarahan yang lebih sedikit serta risiko infeksi yang lebih rendah juga jadi nilai tambah.

“Selain itu, penggunaan visualisasi 3D intra operasi juga memberikan manfaat dalam proses pengangkatan prostat,┬áseperti durasi operasi yang lebih singkat, keluaran yang lebih baik jika dibandingkan dengan laparoskopi standar serta mempermudah operator dalam melakukan manuver-manuver selama operasi,” paparnya.

#Growfearless with FIMELA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *