Penyebab Penyakit Wasir yang Bikin Tak Nyaman dan Cara Mengatasinya

1. Cuka Apel

Kandungan asam asetat dalam cuka apel diduga dapat membantu mengecilkan jaringan. Selain itu, jenis asam ini bersifat anti-bakteri. Itu sebabnya, beberapa orang percaya bahwa cuka apel bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan pada ambeien. 

Sayangnya, cuka apel dapat memicu iritasi bila dioleskan langsung, melansir studi pada Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology. Jadi, banyak dokter yang mungkin tidak merekomendasikan bahan alami ini untuk mengobati ambeien.

2. Witch hazel

Witch hazel mengandung zat tanin yang diklaim bersifat anti-peradangan dan anti-bakteri. Pemakaian witch hazel bisa mengurangi rasa gatal dan sakit yang dialami penderita ambeien.

Meskipun demikian, belum ada penelitian ilmiah yang melaporkan tingkat efektivitas witch hazel sebagai obat wasir. Namun, penggunaan witch hazel secara topikal sejauh ini dianggap aman dan memiliki efek samping minimal. 

3. Lidah Buaya

Lidah buaya bersifat anti-inflamasi yang menawarkan sensasi sejuk yang bisa menenangkan dan melemaskan pembuluh darah yang meradang. 

Kandungan arakuinon pada lidah buaya pun memiliki khasiat mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak. Obat herbal ini pun berpotensi dapat mencegah sembelit yang bisa menyebabkan ambeien. 

Walaupun demikian, obat alami untuk ambeien ini bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Oleh sebab itu, selalu lakukan tes tempel pada kulit sebelum menggunakan lidah buaya. 

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal memiliki sifat anti-peradangan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Sifat analgesik pada minyak ini pun berpeluang mengurangi rasa tidak nyaman akibat wasir. 

Sementara itu, efek pencahar pada minyak kelapa juga membantu meredakan kondisi sembelit. Sebab, sembelit atau mengejan ketika BAB merupakan penyebab ambeien, sehingga bahan alami ini mungkin bisa mencegahnya.

5. Garam Epsom

Sebenarnya, kebanyakan dokter merekomendasikan penderita wasir untuk duduk dalam rendaman air hangat selama 15 menit. Hal ini dilakukan beberapa kali sehari terutama setelah buang air besar. 

Metode yang dikenal dengan Sitz bath ini diklaim dapat membantu menghilangkan rasa gatal, sensasi terbakar, dan peradangan yang dialami wasir. Kamu juga bisa menambahkan garam Epsom dan gliserin sebagai obat alami untuk meredakan wasir sementara waktu.

Kamu bisa mencoba meredakan wasir yang kamu alami dengan berbagai bahan di atas. Namun jika tak kunjung sembuh, sebaiknya segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *