Tips Jaga Kesehatan Mulut dan Gigi saat Berpuasa

Bukan sekadar ibadah yang mendekatkan diri dengan Tuhan, berpuasa juga baik untuk kesehatan. Manfaat kesehatan puasa bagi tubuh antara lain, memperbaiki kadar lemak dalam darah, membantu pemecahan lemak yang selanjutnya membantu menurunkan berat badan, dan masih banyak yang lainnya.

Terlepas dari manfaat kesehatannya, ada beberapa tantangan kesehatan yang perlu dihadapi. Bagi Sahabat Sehat yang pernah menjalankan puasa, pasti pernah mengalami mulut kering yang selanjutnya dapat menimbulkan oral malador atau bau mulut yang tidak nyaman. Apakah ada langkah khusus untuk dapat mencegahnya? Mari simak fakta berikut!

menjaga kesehatan gigi selama puasa
Foto: Freepik.com

Penyebab Bau Mulut

Pada saat berpuasa, kamu tidak mengonsumsi apapun, baik minuman maupun makanan, sehingga menyebabkan mulut menjadi kering. Pada saat mulut kering, secara alami mulut akan menghasilkan oral malador, yaitu bau tidak sedap yang keluar bersamaan dengan udara yang dihembuskan. Hal ini dikarenakan produksi air liur akan menurun, padahal air liur bermanfaat untuk membersihkan mulut dari sisa makanan atau penyebab bau mulut lainnya.

Apa yang Bisa Dilakukan?

Kesehatan mulut dan gigi yang kurang terjaga secara khusus pada masa puasa, dapat menyebabkan bau mulut yang tidak nyaman. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut saat berpuasa. Check it out!

Tetap menyikat gigi

Menyikat gigi dengan catatan hanya membersihkan gigi dengan pasta gigi dan air, serta mengeluarkannya lagi tanpa menelan apapun, tidak membatalkan puasa. Maka, penting untuk tetap menyikat gigi pada saat puasa. Kapan waktu yang disarankan  untuk menyikat gigi? Silahkan menyikat gigi sampai bersih dan memastikan sisa makanan tidak ada yang tersisa di dalam mulut pada saat setelah sahur dan berbuka puasa. 

menggosok gigi
Foto: Pixabay.com

Kumur dengan cairan pembersih mulut

Sahabat Sehat dapat tetap melakukan kumur mulut dengan cairan pembersih mulut, dengan syarat tidak menelan apapun. Secara khusus silahkan gunakan cairan pembersih mulut antibakteri yang tidak mengandung alkohol, karena justru akan lebih mengeringkan mulut. 

Minum air, serta makan buah dan sayur yang cukup

Selain menjaga kesehatan mulut dan gigi dari luar, penting untuk menjaga dari dalam juga. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan mengonsumsi air, buah, dan sayur yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh. Seberapa banyak? Sesuai anjuran Kementerian Kesehatan RI, disarankan untuk minum air minimal 2 liter sehari. Sementara untuk sayur dan buah, silahkan sesuaikan dengan piramida Asupan Gizi Seimbang, yakni 3-4 porsi sayur dan 2-3 porsi buah setiap hari.

Periksaan gigi dan mulut secara rutin

Penyakit gigi dan mulut, seperti gigi berlubang dan penyakit lainnya, dapat menyebabkan oral malador juga. Oleh karena itu, untuk menghindari ketidaknyamanan selama berpuasa, ayo periksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi terdekat dan segera tangani apabila ada penyakit gigi dan mulut.

Sekian tips menjaga kesehatan mulut dan gigi saat berpuasa. Sahabat Sehat, selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankan. 

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Ahmad, Parwez. (2020). The Spiritual and Medical Benefits of Ramadan Fasting. CPQ Medicine,8(6). [online]

Dom, Tuti Ningseh Mohd & Said, hahida Mohd. (n,d). Tips For Dental Care During Fasting. [online]

Kementerian Agama RI Kota Denpasar. (2021). Apakah Sikat Gigi Siang Hari Batalin Puasa ?. [online]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *