Yellow Tea, Teh Paling Langka di Dunia

Sahabat Sehat, berbagai jenis teh terkenal diproduksi di Tiongkok seperti green tea, white tea, oolong tea, black tea, dan pu-erh tea. Selain, lima teh tersebut RRT juga memproduksi jenis the paling langka di dunia, yakni yellow tea.

Mengenal Yellow Tea

Yellow tea terbuat dari Camellia Sinensis dan mendapatkan namanya dari warnanya. Rasa yellow tea didefinisikan manis, menyeruak, dan rasa bunga dengan aroma bunga dan buah yang lembut. Teh kuning kadang-kadang disebut sebagai Huang cha (黄茶). Yellow tea merupakan jenis teh paling langka, yellow tea hanya diproduksi di China, di pegunungan tinggi provinsi Hunan, Zhejiang, dan Sichuan.

mengela jenis teh yellow tea
Foto: Pixabay.com

Yellow tea bukan termasuk jenis teh yang dikonsumsi secara luas. Pemetik mengumpulkan kuncup dengan mematahkannya dari batangnya dengan pelintiran. Dibutuhkan 60.000 kuncup menghasilkan satu kilogram Jun Shan Yin Zhen. Berdasar catatan sejarah, yellow tea berasal dari abad ke-16 hingga masa awal Dinasti Qing (1644-1912). Awalnya, yellow tea hanya diperuntukkan bagi kaisar.

Kelangkaannya menyebabkan yellow tea diminati di pasaran dengan harga tinggi. Yellow tea sendiri sangat sulit ditemukan di luar RRT. Hal ini dikarenakan proses pembuatan yellow tea memakan waktu, membutuhkan tenaga kerja besar, dan sulit dikontrol kualitasnya dalam skala besar. Hingga sekarang hanya ada tiga varian utama yellow tea yang tersedia di pasaran.

Proses Produksinya

Cara produksi Yellow tea mirip dengan teh putih dan teh hijau dengan tambahan langkah ekstra. Teh-teh ini awalnya diproses dengan cara yang sama – perbedaan utamanya adalah tambahan proses unik bernama men huan (menyegel warna kuning), dimana daun teh mengalami proses penguningan. Langkah ekstra ini menghasilkan teh yang diseduh menghasilkan rona keemasan dan menghadirkan rasa lembut tanpa citarasa grassy notes (berasa rumput).

manfaat kesehatan yellow tea
Foto: Pexels.com

Pembuatan yellow tea dimulai dengan menyangrai kuncup teh dan kemudian kuncup ini dibungkus dengan kain khusus, langkah yang diulang beberapa kali selama tiga hari. Proses ini mengoksidasi daun teh secara perlahan, sebelum masuk ke pengeringan arang lambat. Proses ini menarik aroma kembali ke kuncup dan menghasilkan teh yang lebih aromatik dan matang, bebas rasa grassy dan astringency yang ditemukan di banyak green tea.

Variasi Yellow Tea

Yellow tea memiliki tiga jenis berdasarkan daerah dimana daun teh tumbuh, yakni Jun Shan Yin Zhen, Meng Ding Huang Ya, dan Mo Gan Huang Ya. Seperti namanya, Jun Shan Yin Zhen berasal dari provinsi Hunan, Meng Ding Huan Ya dari Sichuan dan Mo Gan Huang Ya dari Zhejiang. Jun Shan Yin Zhen adalah yang paling terkenal karena memiliki beberapa makna sejarah yang melekat padanya. Rumor menyebutkan Mao Zedong, Presiden Pertama RRT, menyatakan Jun Shan Yin sebagai teh favoritnya.

Manfaat Kesehatan 

Manfaat kesehatan yellow tea belum banyak dipelajari, namun teh ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi daripada green tea, karena kuncupnya dipetik di awal tahun. Walaupun diyakini memiliki manfaat yang mirip dengan green tea seperti mencegah kanker dan menurunkan kolesterol, yellow tea diduga lebih efektif dalam mencegah kerusakan hati. Teh secara alami bebas kalori cocok bagi orang yang menjalani penurunan berat badan sebagai alternatif minuman sehat.

Semoga informasi ini menambah khasanah pengetahuan Sahabat Sehat. Selamat menikmati kelembutan yellow tea!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

About the Author

Setyaning Pawestri, S.Pi, M.Si

Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan, FATEPA, Universitas Mataram. Lulusan Teknologi Hasil Perikanan, Universitas Gadjah Mada dan Ilmu Pangan, Institut Pertanian Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *